ANGGOTA POLRES BLORA LATIHAN EVAKUASI DAN PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR DI EMBUNG PLERET

HALOBLORA.COM – Polres Blora melakukan serangkaian kesiapan dan antisipasi bencana banjir banjir di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya dengan melakukan latihan SAR (Search And Rescue) yang dilakukan oleh anggota Satuan Sabhara Polres Blora, yang langsung dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Sutarjo, Paur Lat Ipda Warsono juga Instruktur Bripka Joko Kalis dan Bripka Heriyanto.

Bacaan Lainnya

“Pagi ini kami lakukan pelatihan SAR antisipasi penanggulangan banjir di Embung Pleret Desa Purworejo, Blora,” kata Kasat Sabhara, Senin (17/12/2018).

AKP Sutarjo mengatakan, anggota Sat Sabhara yang dilibatkan dalam tim SAR akan dilatih kemampuannya baik dalam proses pencarian maupun evakuasi korban. Sementara itu, untuk antisipasi menanggulangi banjir, Sat Sabhara Polres Blora menyiapkan kekuatan sebanyak 40 personil yang siap diturunkan meskipun dengan sarana prasarana yang sangat minim.

“Miskipun peralatan evakuasi kami sangat minim, namun dengan sering berlatih SAR secara berkelanjutan akan dapat menambah kemampuan anggota menjadi lebih professional.” Jelasnya.

Latihan SAR yang dilaksanakan pagi hari tadi meliputi materi cara menggunakan prahu karet, pencarian korban dengan berenang, dan cara menangani korban tenggelam.

Meskipun wilayah Kabupaten Blora terbilang daerah yang aman dari bencana banjir namun tetap harus waspada. Terlebih di daerah sekitar bantaran sungai Bengawan Solo yakni Kecamatan Cepu, Kedungtuban dan Kradenan. Dengan pelatihan SAR ini tugas Kepolisian tidak hanya menjaga kamtibmas semata namun juga sigap tanggap bencana.

Baca Juga:  Dapat Adipura, Ini Pesan Mustopa Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora

”Jangan sampai anggota kami jadi korban dalam upaya penanggulangan bencana alam, karena kurangnya materi pelatihan SAR,” jelasnya.(RED-HB01)

Pos terkait

Yuk pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *