Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Berikan Les Gratis di Desa Jomblang Kecamatan Jepon Kabupaten Blora

Bacaan Lainnya

HALOBLORA.COM – Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah UIN Walisongo Semarang memberikan les atau kursus gratis kepada anak-anak sekolah SD-SMP di Desa Jomblang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora,Minggu (01/11/2020)

Kegiatan ini didasari oleh Pembelajaran Dari Rumah (PDR) yang selama pandemi ini dinilai masih kurang efektif sebab siswa masih kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Hal ini dikarenakan anak-anak yang masih butuh pendampingan dalam proses belajar.

“Saya hanya seorang petani yang kesehariannya hanya di sawah ya mbak, jadi kalau ditanya anak saya PR atau materi ya saya kurang tau mau jawab apa. Selain itu saya juga gak bisa menggunakan HP untuk mencari jawaban dari HP” Keluh Ibu Azhar, salah satu wali siswa di Desa Jomblang.

Melihat hal tersebut, mahasiswa KKN tergerak untuk menyediakan les gratis bagi anak sekolah SD-SMP guna mendampingi siswa dalam proses Pembelajaran Dari Rumah (PDR). Mahasiswa berharap siswa tidak terjerat hanya sekedar mendapatkan tugas secara daring. Alhasil, proses pembelajaran dan transfer ilmu pengetahuan tidak tercipta.

Selama penyediaan les gratis bagi anak sekolah SD-SMP, mahasiswa membantu para siswa dalam mengerjakan tugas-tugasnya dengan tidak hanya memberikan jawaban yang tepat, tetapi juga memaparkan alasan mengapa jawaban tersebut tepat.

”Senang sekali belajar dengan mbak KKN, karena kalau sama mbak KKN dapat penjelasan mengapa harus begini dan kenapa harus begitu tentang soal dan jawabannya.” Tutur Syeila salah satu siswa yang mengikuti les gratis di Desa Jomblang.(RED)

Baca Juga:  Tingkatkan UMKM, Pemerintah Kabupaten Blora Gelar Festival Gebyar Ramadhan 2024

Penulis: Siti Nailul Khoirot Mahasiswa KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang

Pos terkait

Yuk pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *