MENDIRIKAN BUMDES.PEMERINTAH DESA NGLANGITAN KEC.TUNJUNGAN MENGAMBIL POTENSI SUMBER DAYA ALAM SEKITAR

HALOBLORA.COM – Pemerintah desa diseluruh Indonesia sudah mulai membentuk Badan usaha milik Desa/BUMDES. Begitu juga di Blora. Bertempat di Balai Desa Nglangitan Pemerintah Desa Nglangitan melaksanakan Rapat Pembentukan BUMDES sabtu 20/07/2018 dengan semua lembaga desa tokoh masyarakat serta Babinsa,Babinkamtibmas,serta di pandu oleh petugas pendamping desa.

Bacaan Lainnya

Menggali potensi desa serta memaksimalkan sumber daya Alam juga sumber daya manusia di desa tersebut. Berbagai analisa sudah dilakukan dan disurvey untuk merumuskan dan menentukan BUMDES apa yang tepat didesa tersebut.Dan akhirnya melaui kajian yang cukup matang dipututuskanlah membentuk BUMDES dengan nama Unggul Jaya.

Nglangitan memang punya sumber daya air yang luar biasa hingga musim kemarau tidak mati aliran airnya. Titik sumber berada di sebelah utara desa nglangitan dan terletak di lereng perbukitan.

Inisiatip dari pemerintah desa patut diapresiasi dan dicontoh desa-desa lain yang berada disekitarnya. Sistem pengelolaan air bersih dengan metode grafitasi menjadi pilihan untuk diterapkan. Dititik sumber mata air di buat bak penampungan lalu di alirkan melalui pipanisasi. Di setiap dukuhan atau kampung di buat tower penampungan air, dan dari tower tersebut barulah di alirkan airnya melalui pipa yang terpasang meteran disetiap rumah warga. Menurut ketua team pamsimas dengan cara itu akan lebih menghemat pengeluaran untuk biaya perawatan.

Satu lagi rencana membuat sebuah minimart di lokasi yang bersebelahan dengan kantor desa menjadi tindak lanjut pekerjaan selanjutnya.

Suatu pemikiran dan gagasan yang sangat realistis dan sudah di wujudkan bukan hanya sebuah ilusi. Sunarto salah satu pendamping desa diwilayah nglangitan menuturkan” potensi di desa ini sangat kaya dengan potensi alam yang harus di manfaatkan untuk kemakmuran warga desa nglangitan,mari sama-sama kita berbuat untuk kemajuan desa nglangitan” ungkapnya.(HB-01)

Baca Juga:  Sosialisasi Kebijakan Perikanan dan Budidaya Bersama Anggota DPR RI Firman Subagyo Serta KKP

Pos terkait

Yuk pasang Iklan Yuk pasang Iklan Yuk pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *