Cegah Covid 19 Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Berikan pengarahan cara mencuci tangan

Bacaan Lainnya

HALOBLORA.COM – Di tengah Pandemi covid-19, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang angkatan 75 yang tergabung dalam kelompok 102 mengadakan kegiatan Mencuci tangan yang baik dan benar kepada Anak di Desa Ngilen, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Kamis (19/11/2020). 

Kegiatan Mencuci tangan ini merupakan salah satu program kerja yang harus terlaksana dan bertujuan untuk  mengantisipasi serta mengedukasi kepada anak bahwa pentingnya mencuci tangan pakai sabun ketika selesai beraktivitas selain itu juga menjadi cara ampuh mencegah penyebaran Covid-19.

Mencuci tangan dengan sabun lebih efektif untuk membunuh bakteri dan virus. Perilaku ini harus rutin dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19. 

Nah, seperti apa pola mencuci tangan yang benar?

1. Gunakan sabun dan air bersih mengalir untuk menggosok.

2. Telapak dengan telapak.

3. Telapak kanan di atas tangan kiri dan telapak kiri di atas punggung tangan kanan.

4. Telapak dengan telapak dan jari terkait.

5. Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci.

6. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya.

7. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak kanan dan sebaliknya.

Sementara Salah satu orang tua Anak mengungkapkan bahwa “kegiatan yang dilakukan adik-adik mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang sangat membantu anak-anak kami supaya mereka tahu caranya mencuci tangan yang baik dan benar, serta membuat anak menjadi lebih disiplin dalam mencuci tangan setelah beraktivitas”.

Baca Juga:  Tradisi Sambatan Mapak, Kearifan Lokal Yang Masih Lestari Dilakukan di Desa Plantungan

Zafina bertanya kepada saya 

“Kenapa kak kita harus mencuci tangan setelah i beraktivitas diluar rumah dimasa pandemi covid 19?”

Kemudian saya menjawab “karena mencuci tangan merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang hanya menggosok tangan dengan air tanpa menggunakan sabun. Hal ini membuat kuman atau bakteri masih menempel pada tangan. Selain itu pemerintah juga menerapkan 3M di masa pandemi covid 19 yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan”. 

Himbauan dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Walisongo Semarang kepada anak-anak Untuk tetap menjaga kesehatan, mencuci tangan sehabis kegiatan  selalu waspada terhadap pandemi COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, dan stay save and stay at home.(RED)

Pos terkait

Yuk pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *