Cek KLIK Obat Yang Dijamin BPOM Biar Makanan Aman Buat Tubuh Kuat dan Sehat.

RADAR BLORA.COM,-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan pengawasan dan sidak. Namun faktanya masih ada makanan, obat, maupun produk perawatan kulit yang masih banyak ilegal.

Bacaan Lainnya

Kemudian hal tersebut diucapkan Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto pada acara Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Obat dan Makanan Aman bersama BPOM di Blora, Jawa Tengah, Minggu 22/10/2023.

“Cek KLIK Obat dan Makanan Aman Dijamin BPOM Untuk membuat tubuh sehat, harus memperhatikan asupan yang masuk,” terang Edi Wuryanto sebagai Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Dapil Jawa Tengah III

Kemudian Edy mencontohkan salah satu dampak asupan makanan yang baik dan tidak bisa dilihat dari status stunting.

Kabupaten Blora menjadi salah satu kabupaten/kota yang angka stuntingnya di atas nasional, yakni 25,8 persen.

“Mengapa orang bisa terkena stunting? Salah satunya karena makanannya yang kurang gizi dan mengandung bahan yang tidak sehat,” terangnya.

Lanjutnya, untuk mengintervensi stunting, tidak hanya saat bayi lahir ada pula saat usia remaja,

Legiselator dari Dapil Jawa Tengah III ini menjelaskan bahwa kecukupan gizi harus dipenuhi. Selain itu pada remaja putri dapat mengkonsumsi kapsul penambah darah sesuai dengan program pemerintah pusat.

“Lalu saat hamil juga harus banyak makan makanan yang bergizi agar anak yang dikandung tercukupi gizinya,” ucap Edy.

Lebih lanjut, makanan bergizi tidak harus mahal. Menurut Edy, ada bahan pangan yang bisa didapat di sekitar masyarakat dan bisa dikonsumsi dengan mudah dan murah. Selain itu, jika membeli produk pangan, dia menyarankan agar yang sudah ada nomor registrasi dari BPOM. Terutama untuk makanan pabrikan.

Baca Juga:  Satpol PP Kabupaten Blora Akan Tindak Tegas Bagi Pengusaha Hiburan dan Karaoke Yang Nekat Buka Saat Bulan Ramadhan

“Dari sidak yang dilakukan BPOM, masih banyak makanan yang tidak punya izin. Bisa saja itu mengandung bahan yang tidak baik untuk tubuh,” kata Politikus PDI-Perjuangan tersebut.

Edy Wur menambahkan, misalnya saja mengandung pewarna sintetis, boraks, formalin, atau zat kimia berbahaya lainnya. Sehingga hadirnya BPOM ini dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Selain makanan, yang perlu diperhatikan adalah skincare,” ucap Edy.

Minat masyarakat untuk tampil cantik semakin tinggi. Sehingga banyak produk skincare yang muncul di pasaran. Animo masyarakat ini dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab. Misalnya dengan mencampurkan bahan kimia yang dalam jangka pendek bisa memuat perubahan yang signifikan.

“Tetapi jika digunakan dalam waktu lama bisa berbahaya. Misalnya mengandung merkuri, hasilnya wajah jadi rusak,” imbuhnya.

Untuk itu dia berharap agar masyarakat untuk teliti sebelum mengkonsumsi atau menggunakan makanan, obat, atau perawatan kulit. Cara yang paling mudah adalah melakukan cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa (KLIK).

“Jika itu dilakukan, risiko masyarakat untuk terhindar produk makanan, obat, dan skincare ilegal bisa dilakukan,” pungkasnya (YS)

Pos terkait

Yuk pasang Iklan Yuk pasang Iklan Yuk pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *