DILANDA KEMARAU PANJANG WARGA DESA SENDANGGAYAM CARI SUMBER AIR SAMPAI LARUT MALAM

Bacaan Lainnya

Warga Desa Sendanggayam Kec.Banjarejo melakukan pengeboran sumur secara manual hingga larut malam

HALOBLORA.COM – Kemarau Panjang di Desanya, Wadi 47 tahun, warga Desa Sendanggayam Rt 02 Rw 01 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, bersama warga lainnya rela mencari sumber air dengan cara ngebor manual sampai larut malam.

Hal tersebut dilakukan karena selama kemarau panjang ini Wadi bersama warga lainnya harus antri ambil air ditetangga desa dengan jarak sekitar 3 km, itupun mereka lakukan disaat malam hari.

Wadi merasa sedih karena kemarau tahun ini tidak seperti biasanya, air sangat susah bahkan setiap malam antri mengambil air hanya dapat 4 jerigen yang 20an liter. Itupun belum cukup untuk kebutuhan  memasak, MCK sebanyak 5 orang dalam keluarganya dan ditambah untuk minum ternaknya.

Sehingga dengan dibantu warga lainnya dia mencari sumber air dengan harapan bisa menemukan sumber mata air yang besar sehingga cukup untuk kebutuhan keluarganya dan tetangganya.

” Hari ini saya sudah ngebor 2 kali, yang pertama kedalaman 10 meter tapi tidak ada tanda-tanda sumber mata air dan yang ke 2 ini semoga mendapat sumber air yang besar ” Harap Wadi.

Sedangkan Sarpin 59 tahun bersama warga lainnya ikut membatu pengeboran sumur tersebut, dia juga berharap nantinya menemukan sumber air yang besar sehingga dia bersama warga lainnya juga ikut menikmati.

Kepala Desa Sendanggayam, Mashuri saat dihubungi lewat selulernya menjelaskan bahwa Desa Sendanggayam memang kesulitan air bersih disaat musim kemarau karena susahnya mencari sumber mata air yang memadai. Dia juga mengatakan sebenarnya sudah ada Pamsimas tetapi disaat kemarau seperti ini tidak bisa untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi warganya.

” Kami berharap ada sumber mata air yang memadai di desa Sendanggayam untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari sehingga warga tidak kesulitan untuk mendapatkan air bersih.” Ujar Mashuri.

Kami juga berharap permasalahan mengenai sumber mata air di desa kami bisa teratasi dan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen yang telah peduli kepada warga kami atas bantuannya dropping air bersih selama kemarau panjang ini, ” Pungkas Kades.(RED-HB,RGL)

Baca Juga:  Tingkatkan UMKM, Pemerintah Kabupaten Blora Gelar Festival Gebyar Ramadhan 2024

Pos terkait

Yuk pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *