KKN STAI Al-Anwar Ngrajang dan Nyawut Dalam Festival Tembakau Blora

RADAR BLORA.COM,-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar, Sarang, Rembang, unit 19, menginisiasi digelarnya Festival Tembakau Blora.

Bacaan Lainnya

Festival yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut dan berada di Desa Balongrejo Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Sabtu (19-8-2023)

Festival tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Blora Kiswoyo SH, M.Si.

Turut hadir pula Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora  Ngaliman SP, MMA.

Festival tembakau tersebut dimeriahkan dengan lomba ngrajang dan nyawut tembakau.

Kemudian”, Mbah Damis sebagai peserta tertua dalam lomba tersebut merasa senang dan bahagia mengikuti lomba ini.

Lanjut”,  Saya sangat senang, dengan perlombaan ini dan bisa menjadi motivasi tersendiri di tengah gempuran rajangan mesin tembakau,” ungkapnya.

Festival Tembakau Blora ini merupakan gebrakan yang di inisiasi oleh mahasiswa KKN STAI Al Anwar, Sarang, Rembang, dengan bersinergi bersama masyarakat.

Tunjuannya antara lain untuk membawa nama tembakau Kabupaten Blora bersaing dengan penghasil tembakau lain di Jawa tengah.

Sementara itu”, menurut Ketua Panitia Festival Tembakau, Izzi Muqtafa menyampaikan, dengan bersinergi bersama masyarakat diharapkan bisa membawa nama tembakau Kabupaten Blora.

“Harapannya pemerintah dapat menggandeng petani membuat Festival Tembakau untuk menjadi agenda tahunan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Dirinya menyampaikan kegiatan tersebut guna mendukung petani tembakau Desa Balongrejo menuju ke arah progresif dan inovatif.

Baca Juga:  Tradisi Sambatan Mapak, Kearifan Lokal Yang Masih Lestari Dilakukan di Desa Plantungan

“Festival ini merupakan bentuk penggalian tradisi sebagai desa penghasil tembakau dengan kualitas tinggi sejak lama untuk pemberdayaan masyarakat berdikari,” pungkasnya.(YS)

Pos terkait

Yuk pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *