Talk Show Gebyar Ramadhan 1445 H, Bersama Badan Kesbangpol Kabupaten Blora

Talk Show Gebyar Ramadhan 1445 H, Bersama Badan Kesbangpol Kabupaten Blora (foto dok: Y Sunaryo/RADAR BLORA)

RADAR BLORA.COM,-Badan kesbangpol Kabupaten Blora mengadakan Talk Show Gebyar Ramadhan 1445 H dengan tema ”Membangun Kesadaran Politik Pemilih Pemula Dan Meningkatkan Peran Pemuda Dalam Demokrasi,” Sabtu (16/3/2024)

Bacaan Lainnya

Program sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang sistem politik, proses pemilu, serta pentingnya partisipasi dalam pemilihan umum.

Kemudian Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Blora Sujianto SE, M.M ketika menjadi narasumber dalam talk show tersebut menyampaikan, kami melakukan edokasi terhadap anak-anak sekolah SMA, SMK Sederajat.

Melalui sosialisasi ini para pemilih pemula bertambah wawasan dan pengetahuannya tentang berbagai isu politik.

“Tak kalah pentingnya, sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula juga harus memfokuskan pada nilai-nilai demokrasi, seperti penghormatan terhadap perbedaan pendapat, toleransi, dan menghargai hak-hak sebagai warga negara,” ucap Sujianto.

Menurutnya, sosialisasi pendidikan politik pemilih pemula bagi kalangan pelajar SMA sederajat khususnya yang sudah memasuki usia pemilih pemula, perlu diberikan agar mereka melek demokrasi.

“Saya berpesan kepada adik-adik pelajar yang sudah mempunyai hak pilih, jangan sampai tidak memilih dalam Pemilu mendatang, artinya gunakan hak pilih adik-adik dan silakan pilih calon-calon pemimpin atau wakil rakyat sesuai dengan hati nurani,” ujar Sujianto.

Lanjut, dengan adanya sosialisasi pendidikan politik yang efektif bagi pemilih pemula, diharapkan akan terbentuk generasi muda yang berperan aktif dalam proses demokrasi.

“Dalam proses sosialisasi, penting juga untuk mengajarkan keterampilan kritis, seperti kemampuan menganalisis informasi dari berbagai sumber sehingga mereka dapat membedakan antara fakta dan opini,” katanya.

Baca Juga:  Memperingati 117 Tahun Perjuangan Mbah Samin Surosentiko

“Perlu diketahui data yang dari Badan Kesbangpol untuk pemilih pada pemilihan umum 2024 yang di sampaikan oleh KPU mencapai 83,7% di kabupaten Blora dan itu termasuk 19% dari pemilih pemula,” tegasnya.

Harapannya pada pemilih pemula jangan sampai terabaikan, untuk satu suara bisa menentukan bangsa ini lebih maju. pungkas Sujianto SE, M.M Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Blora (YS)

Pos terkait

Yuk pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *